Minggu, 13 November 2011

Nokia Gem, Ponsel Konsep Abad 21

Diluncurkan bersamaan dengan perayaan ke 25 Tahun Nokia Research Center, perangkat Gem milik Nokia ini hadir. Perangkat yang bisa menjadi kamera, ponsel, atau map ini tergantung dari fungsi yang dibutuhkan oleh pengguna sendiri.

Desain ini memiliki keunikan, dimana keseluruhan bodinya adalah touchscreen. Bukan sembarang hp touchscreen, melainkan keseluruhan bodi dari ponsel ini adalah touchscreen. Tidak ada lagi casing yang menutupi atau melindungi ponsel ini. Jadi bisa dikatakan bodinya itu juga berfungsi sebagai “layar” atau “display”.

Tampilan ponsel akan ditentukan oleh aplikasi yang berjalan pada waktu itu. Jika Anda menjalankan aplikasi kamera, misalnya, GEM Nokia akan terlihat seperti kamera, menjalankan aplikasi map akan mengubahnya menjadi sistem GPS. Teks dan image pun dapat dijadikan permukaan dari perangkat tersebut, misalnya Anda mengambil foto motif sofa, maka Anda dapat mengaplikasikan motif tersebut pada permukaan ponsel, sehingga terlihat seperti case yang membungkus ponsel.

Pengembangnya di Nokia mengatakan, ide awal dari desain ini adalah agar para pemilik ponsel dapat merasakan pengalaman lebih dengan layar touchscreen. Jarkko Saunamaki, Senior Desain Manager Nokia mengatakan, Nokia GEM memiliki kemampuan untuk mengubah tampilannya, sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Perangkat tersebut dinamakan Gem karena batu berharga mempunyai beberapa sisi, juga karena sifatnya masih konsep dan perlu dikembangkan/dipoles lagi untuk menjadi produk nyata yang siap dipasarkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar