Senin, 14 November 2011

Rincian Perkembangan Pasar Aplikasi Mobile di Android & iOS



Pada awal kemunculannya Android market memiliki banyak aplikasi yang bersifat gratis. Hal ini cukup wajar mengingat Android market akan menjadi pesaing App Store(iOS) pada saat itu. Namun saat ini, khusunya di 6 bulan terakhir, Android market sudah mulai masuk ke tahap aplikasi berbabayar (Paid App). Berbanding terbalik dengan Apple di enam bulan terakhir jumlah aplikasi gratisnya meningkat.
  • Aplikasi berbayar pada Android market memiliki peningkatan dari 22% ke 34% selama 6 bukan terakhir.
  • Sementara Apple App Store mengalamai penurunan dari 70% ke 66% untuk perbandingan aplikasi berbayar terhadap jumlah keseluruhan Apps di 6 bulan terakhir.
Untuk harga Apps di Android market cenderung meningkat untuk periode 6 bulan terakhir, berbeda dengan Apple App Store yang kisaran harganya masih stabil.
  • Lebih dari 95 % dari aplikasi berbayar di Android Market berharga kurang dari $10, tetapi peningkatan aplikasi yang berharga lebih dari $10 meningkat cukup tajam di periode 6 bulan terakhir.
  • Sebagian besar Aplikasi yang ada di Android Market berada di kisaran harga $2.99 atau kurang (presentase sebesar 73%). Sedangakan untuk aplikasi dengan harga $0.99 atau dibawahnya mengalami penurunan.
  • Area pertumbuhan paling besar dari Android Market adalah aplikasi dengan harga antara $1-$9.99. Dengan pertumbuhan paling signifikan di aplikasi yang berharga di kisaran $1-$2.99 dan $3-$9.99.
  • Untuk Apple App Store sendiri perubahan yang terjadi tidak terlalu besar, jadi masih bisa dikatakan stabil.

Integrasi Terhadap Advertising SDK

Pada aplikasi gratis yang ada di Android Market maupun Apple App Store, Google AdMob merupakan platform ads yang paling populer penggunannya. Pangsa pasar dari Advetising SDK ini memang cendurung stabil karena memang opsi yang ada tidaklah banyak. Dengan pengecualian iAd yang memperoleh traksi yang luar biasa tinggi dari aplikasi gratisan di Apple App Store. Sangat mungkin jika iAd akan menjadi yang nomer satu untuk penggunaannya di Apple Store Apps.
  • AdMob merupakan pemain dominan di Android Market, dengan 40% aplikasi gratis telah terintegrasi dengan AdMob. Sedangkan pertumbuhan di 6 bulan terakhir naik dari 37% hingga 41%.
  • Sedangkan untuk aplikasi Apple App Store, AdMob mengambil pasar sebesar 17%.
  • iAd memiliki lonjakan tertinngi dari 5.6% hingga mencapai 15% untuk penggunaan di aplikasi gratis.
Filed in: TeknoNews Tags: 

1 komentar:

  1. If you're looking for a good contextual ad network, I suggest you take a look at ExoClick.

    BalasHapus