Minggu, 13 November 2011

Samsung Geser Apple Sebagai Penguasa Pasar Smartphone Global


 Berdasarkan laporan terbaru dari firma riset dan konsultasi Strategy Analytics, Samsung telah mengirim 28 juta smartphone dan menggeser Apple sebagai vendor smartphone terbesar di dunia dengan pangsa 24%.

Menurut Alex Spektor, analis senior firma tersebut, Samsung mampu meraih peningkatan besar karena mampu mengkombinasikan antara desain perangkat keras yang elegan, layanan Android yang populer, penanaman brand yang diingat konsumen, serta distribusi global yang ekstensif. Samsung dikatakan telah mampu mendemonstrasikan adanya kemungkinan untuk menjadi berbeda dan tumbuh dengan menggunakan ekosistem Android, setidaknya untuk jangka pendek.

Keberhasilan Samsung ini dipimpin oleh kepopuleran seri Galaxy S II yang menurut laporan kuartalan Samsung terkirim sebanyak 27,9 juta unit. Angka ini di atas angka penjualan iPhone yang dilaporkan Apple mencapai sekitar 17 juta unit di periode yang sama, dan di atas rekor penjualan kuartalan iPhone di kuartal kedua 2011 yang mencapai 20,34 juta unit.

Menurut analis dari firma tersebut, pengiriman smartphone global pada kuartal ketiga 2011 meningkat 44% dibandingkan periode sebelumnya, dan mencapai rekor sebanyak 117 juta unit. Sementara Samsung dilaporkan memperoleh keuntungan sebesar 4,25 triliun won di kuartal ketiga tersebut karena jumlah pengiriman smartphone yang meningkat empat kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hasil analisis firma ini belum tentu menunjukkan tingkat penjualan smartphone Samsung yang sebenarnya. Ini dikarenakan Samsung tidak mengeluarkan angka resmi penjualan hingga saat ini namun hanya angka pengiriman smartphone ke toko ritel. Sementara angka yang dipaparkan Apple adalah jumlah penjualan riil di toko-toko, bukan hanya pengiriman ke ritel. Oleh karena itu masih perlu verifikasi lebih lanjut untuk memastikan kebenaran klaim dari firma tersebut.(teknoup)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar