Kamis, 17 November 2011

Telepon Melalui WiFi, Diawali dari iMessage?


 Dalam buku Biografi yang ditulis Walter Isaacson, Steve Jobs mengatakan ingin sekali menciptakan jaringan WiFi sendiri untuk menggantikan jaringan selular, sehingga Apple memiliki kontrol penuh terhadap semua elemen ponsel.

Diketahui bahwa mantan CEO Apple, Steve Jobs, memang sedang mengembangkan teknologi ini selama hampir 2 tahun untuk mengkonversikan spektrum dari WiFi untuk diubah menjadi jaringan yang memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan telepon. John Stanton, ketua umum Trilogy Partners yang merupakan perusahaan modal mengatakan, Jobs sering berdiskusi dengannya tentang prospek jaringan WiFi, sebelum peluncuran iPhone pertama dirilis pada 2007.

Agaknya Jobs ingin membuat semacam VoIP, dengan menggunakan spektrum WiFi yang tak berizin. Tapi Jobs menyerah, setelah dua tahun fokus pada peluncuran iPhone generasi pertamanya. Apa yang terjadi adalah Apple untuk sekarang ini tetap mengadakan perjanjian dengan operator untuk memboyong ponselnya, yang juga mengadakan teknologi yang memberikan akses ke pengguna untuk mengadakan panggilan telepon secara visual.

Tentunya ide ini memang tetap menjadi visi Apple dan berusaha untuk dikembangkan lebih lagi. Terlihat dari tampilnya iMessage yang memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan secara gratis ke sesama pengguna iOS, tentunya tanpa perlu membayar kepada operator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar