Kamis, 06 Januari 2011

POLRI BERI IZIN LPI DIGELAR..

[Kamis, 06 Januari 2011 22:07, MNB Production]

Juru Bicara Liga Primer Indonesia, Abi Hasantoso, memastikan bahwa Kepolisian Republik Indonesia telah memberikan izin pertandingan pembuka antara Solo FC melawan Persema Malang, Sabtu (8/1).
Keputusan itu, merupakan hasil dari mediasi antara LPI dan PSSI yang juga dihadiri oleh Badan Pembinaan Olahraga Professional Indonesia (BPOPI), Menteri Pemuda dan Olahraga, dan para petinggi Polri di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (6/1/2011).

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Divisi Humas Polri, Kombespol Boy Rafli Amar menyebutkan, pihaknya telah mengeluarkan izin keramaian penyelenggaraan LPI. Alasannya, sebagaimana diamanatkan undang-undang, polisi harus memberikan jaminan keamanan terhadap kegiatan yang berpotensi mendatangkan banyak orang.

Selain itu, izin ini menurut Boy, dikeluarkan setelah mempertimbangkan sejumlah pertimbangan yuridis penyelenggaraan.

"Yang kita keluarkan adalah izin keramaiannya," ujar Boy Rafli di Mabes Polri, Kamis (6/1) siang.

Namun, terkait izin penyelenggaraan dan legalitas pertandingan, ditambahkan Boy, bukan merupakan ranah kepolisian. Itu menurutnya merupakan otoritas induk organisasi yang membawahi sepakbola di Indonesia yakni PSSI. Sebagaimana diketahui tambahnya, olahraga profesional berada dalam naungan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan PSSI (untuk sepakbola).

"Izin kejuaraan itu tidak pada kepolisian," tegasnya.

Sementara Abi menjelaskan jika soal LPI telah dijelaskan kepada BPOPI. Mereka pun memaparkan bahwa kompetisi ini profesional dan kepolisian akhirnya memberikan izin setelah BPOPI memberikan rekomendasi.

Ketika ditanya apakah PSSI hadir pada pertemuan tersebut, Abi mengatakan mereka tidak datang dan tidak mau berkomentar banyak.

Sebelumnya, Polri sempat ragu memberikan izin keramaian pada pembukaan LPI yang bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (8/1) lusa. Alasannya, saat ini PSSI selaku induk olahraga sepakbola Indonesia belum merestui liga yang digagas oleh taipan minyak Arifin Panigoro itu. Namun setelah koordinasi dilakukan di Kemenpora, Polri menjamin keamanan, mengingat BOPI memberikan izin penyelenggaraan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menpora Andi Mallarangeng menyerahkan keabsahan laga LPI kepada BOPI. Andi pun menyebut bahwa pihaknya mengikuti keputusan BOPI itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar